Sebuah rumah akan terlihat indah jika bagian eksteriornya memiliki tampilan yang menarik. Memang harus diakui, jika tampilan suatu eksterior mempengaruhi tampilan rumah secara keseluruhan. Beberapa bagian yang mencakup eksterior rumah yaitu halaman depan, teras, taman rumah, garasi, dan juga pagar rumah. Setiap bagian dari eksterior rumah tentunya memiliki fungsi atau peranannya tersendiri.

Sebenarnya, saat ini sudah banyak sekali contoh desain eksterior yang bisa anda lihat di berbagai media seperti majalah interior design, Koran, dan juga dari internet. Dalam membuat bagian eksterior tentunya juga harus disesuaikan dengan lahan yang anda miliki. Berikut ini beberapa tips untuk membuat desain eksterior rumah yang bisa anda ikuti :

Membuat Desain Eksterior Rumah

Membuat Denah

Bagian yang paling penting adalah membuat denahnya terlebih dahulu. Tujuannya, supaya nantinya anda bisa mengatur tata letak bagian eksteriornya dengan mudah. Ukuran lahan menjadi hal yang paling penting dalam pembuatan denah rumah. Bisa dibilang, ukuran yang ada di denah merupakan bentuk nyata dari ukuran yang sebenarnya. Membuat denah rumah sebenarnya tidak sulit, anda bisa menggunakan garis bantu terlebih dahulu untuk memisahkan antara satu bagian eksterior dengan bagian yang lainya.

Bagian Taman Rumah

Untuk anda yang memiliki lahan yang cukup luas, maka anda bisa menggunakan sebagian lahan untuk dibuat taman kecil sebagai penghias rumah anda. Taman rumah juga bermanfaat untuk memberikan kesan yang sejuk dan asri pada rumah. Anda bisa memberikan rumput yang hijau pada taman rumah kemudian dilengkapi dengan tanaman hias disekelilingnya. Bukan itu saja, anda juga bisa memadukan batu alam dengan taman rumah anda sehingga tampilannya menjadi lebih menarik.

Bagian Garasi

Garasi biasanya berada tepat di samping teras rumah. Anda bisa menambahkan rolling door supaya garasi menjadi lebih aman dari berbagai tindak kejahatan. Anda bisa meletakkan rak-rak kecil untuk meletakkan berbagai macam peralatan supaya tidak terlihat menumpuk dan garasi anda terlihat lebih rapih. Berikan warna yang cerah pada garasi rumah anda supaya pencahayaan di dalam garasi menjadi lebih maksimal.

Bagian Teras Rumah

Sedangkan untuk bagian teras rumah, anda bisa menambahakn furniture berupa meja dan kursi kecil untuk bersantai. Kemudian, bagian dindingnya diberikan warna yang lembuat seperti abu-abu, putih, krem, dan hijau sehingga terlihat lebih elegan.

Dinding Eksterior

Sedangkan untuk dinding eksterior secara keseluruhan bisa anda berikan warna cat kombinasi. Misalkan, warna cat abu-abu dengan warana putih, warna coklat dengan warna krem dan warna lainnya. Pastikan warna yang dikombinasikan tidak terlalu serupa sehingga tampilan dinding eksterior rumah terlihat lebih indah.

Membuat desain eksterior rumah bisa anda lakukan sendiri tanpa harus menyewa jasa interior dan eksterior designer yang bisa dibilang harganya lumayan mahal. Selamat Mencoba..!!